Home Peristiwa Bencana Alam Gubernur Riau Kirim Bantuan Masker dan Obat-obatan Bagi Korban Kabut Asap

Gubernur Riau Kirim Bantuan Masker dan Obat-obatan Bagi Korban Kabut Asap

SHARE
masker N95 (foto: Tribunnews)
masker N95 (foto: Tribunnews)

Riau – Pulau Rupat, Bengkalis, Riau, diselimuti asap tebal sebagai dampak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Untuk membantu para korban, Gubernur Riau, Syamsuar, akan sesegera mungkin mengirim bantuan masker dan obat-obatan.

Kepada Antara di Pekanbaru, Senin (25/2), Syamsuar mengatakan bahwa dia sudah meminta kepada sekretaris daerah setempat untuk segera menyiapkan dan mengirimkan bantuan kesehatan serta masker. Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Pusat akan fokus menangani Karhutla di Pulau Rupat. Selain pemerintah, personel gabungan dari TNI, Polrei, Manggala Agni, hingga BPBD juga turut membantu. Masyarakat relawan juga sigap membantu seandainya dibutuhkan.

Menurut Camat Rupat, Hanafi, masyarakatnya membutuhkan tabung oksigen untuk mengatasi korban yang sesak napas dan sebagai antisipasi jika ada warganya yang sakit. Hanafi mengemukakan bahwa bantuan berupa masker sebanyak 2.600 unit telah diterimanya dan disebarkan ke masyarakat. Bantuan masker berasal dari Dinas Kesehatan dan BPBD Bengkalis.

Sementara itu, kondisi Karhutla di Pulau Rupat masih terus berlangsung. Kualitas udara terus menurun hingga ke level berbahaya. Karena itulah, satu sekolah dasar yang berlokasi tidak jauh dari lokasi Karhutla terpaksa harus meliburkan para siswanya.

Menurut catatan BPBD Riau, luas lahan yang terbakar mencapai hingga 996 hektare dan meningkat lebih dari 100 hektari dalam kurun waktu kurang dari sepekan. Lahan terbakar di Bengkalis mencapai 742,5 hektare dan menjadi penyumbang titik panas terbanyak.

Kabut asap mulai membuat masyarakat terserang penyakit seperti batuk dan flu. Para bayi juga terdampak asap. Namun, belum ada warga Rupat yang mengungsi. Aktivitas warga masih normal. Meskipun demikian, Syamsuar terus mengimbau agar mereka mengurangi aktivitas di luar rumah. Warga yang mengeluh sakit akibat kabut asap diminta untuk segera berobat ke Puskesmas terdekat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here