Home Peristiwa Hukum dan Kriminalitas BNN Sita 30 Sabu-sabu dalam Bungkus Teh China

BNN Sita 30 Sabu-sabu dalam Bungkus Teh China

SHARE
Ilustrasi sabu
Ilustrasi sabu

Medan – Badan Narkotika Nasional (BNN) menyita 30 bungkus  sabu-sabu yang dikemas dalam bungkus teh China. Barang haram itu diamankan petugas setelah menangkap empat anggota sindikat narkoba jaringan Malaysia di Jalan Raya Siantar, Kelurahan Pagar Jati, Lubuk Pakam, Sumatra Utara.

“Empat tersangka narkoba yang ditangkap itu adalah Dedi Iskandar (kurir), Surya Darma (kurir), Ibnu Hajar (penjemput sabu dari Malaysia), serta Rahmadsyah (pengendali),” ujar Deputi Bidang Pemberantasan BNN, Irjen Pol Arman Depari, di Medan, Minggu (3/3), dilansir Berita Satu.

Penangkapan ini dilakukan setelah petugas menyelidiki dan mengintai peredaran gelap sabu-sabu dari perairan Malaysia ke Pantai Labu, Kabupaten Batubara. Barang haram itu diangkut dengan menggunakan kapal Tekong yang dijemput langsung dari Port Klang, Malaysia oleh seseorang bernama Ibnu aliasn Benu. Kapal yang dimaksud kemudian bersandar di wilayah Pantai Labu, Batubara, Sumatra Utara.

“Biasanya, serah terima dilakukan di tengah laut,” kata Arman.

Usai serah terima, sabu-sabu tersebut dibawa oleh dua orang tersangka bernama Dedi dan Surya dengan menggunakan mobil. Mereka dihadang polisi saat berada di Jalan Raya Siantar dan diamankan petugas.

“Dari keduanya, juga diamankan 3 kantong plastik warna hitam yang di dalamnya berisi masing-masing 10 kantong sabu yang dikemas dalam plastik teh China berwarna hijau. Kemudian dilakukan interogasi untuk pengembangan,” jelas Arman.

Usai menangkap dua tersangka dan mengembangkan kasus, petugas kemudian menangkan Ibnu dan Rachmad. Selain mengamankan 30 kg sabu, BNN juga mengamankan dua unit mobil, KTP para tersangka, beberapa ponsel, dan uang sebesar Rp6.600.000,00. Tersangka dan barang bukti sudah dibawa ke BNN pusat yang terletak di Cawang.