Home Peristiwa Transportasi Atasi Kemacetan, Pemerintah Berencana Bantu Pembangunan Shelter Ojek Online

Atasi Kemacetan, Pemerintah Berencana Bantu Pembangunan Shelter Ojek Online

SHARE
GoJek mangkal sembarangan (foto: Kompas)
GoJek mangkal sembarangan (foto: Kompas)

Jakarta – Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, mengatakan bahwa pemerintah akan turut serta membantu aplikator ojek online untuk membuat shelter (tempat mangkal) untuk para pengemudi ojek online. Shelter akan dibangun di pusat keramaian.

“Misal di mal, terminal kereta api, dan lain-lain. Diharapkan mereka (aplikator dan pemerintah) bisa siapkan,” kata Budi di kantornya di Jakarta, Kamis (21/3), dilansir Kompas.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat atau ojek online.

Salah satu poin peraturan tersebut, yaitu aspek keteraturan, diatur dalam Pasal 8 PM Nomor 12 tahun 2019. Pengemudi dan aplikator harus menaati sejumlah peraturan keteraturan yang salah satunya adalah melarang pengemudi mangkal di sembarang tempat.

“Pengemudi harus berhenti, parkir, menaikkan dan menurunkan penumpang di tempat yang aman dan tidak mengganggu kelancaran lalu lintas sesuai dengan yang diatur perundang-undangan,” demikian bunyi Pasal 8 poin A PM No 12 Tahun 2019.

Agar pengemudi ojek online tidak mangkal sembarangan, pihak aplikator diminta mendirikan shelter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here