Home Gaya Hidup Pariwisata Traveloka Berikan Keleluasaan kepada Pengguna untuk Pesan Tiket Bus dengan Mudah

Traveloka Berikan Keleluasaan kepada Pengguna untuk Pesan Tiket Bus dengan Mudah

SHARE

tiket bus traveloka

Perusahaan layanan pemesanan tiket Traveloka mengembangkan sayapnya dengan menawarkan layanan pemesanan tiket bus dan shelter. Sebelumnya, perusahaan dengan nama resmi PT Trinusa Travelindo ini secara khusus menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara online. Lambat laun, perusahaan rintisan berstatus unicorn yang didirikan pada tahun 2012 ini juga melayani pemesanan tiket kereta api, sewa mobil, dan paket wisata. Meskipun fokus utama Traveloka adalah melayani perjalanan domestik di Indonesia, perusahaan ini mulai mendirikan kantor-kantor cabang di Asia Tenggara, misalnya di Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, dan Vietnam pada tahun 2015.

 

Hingga kini, Traveloka telah meneken kontrak kerja sama dengan 61 operator bus dan 38 operator shuttle di seluruh Indonesia. Operator bus yang bekerja sama dengan Traveloka termasuk Damri, Lorena, Pahala Kencana, Sinar Jawa Group, Sugeng Rahayu, Efisiensi, Doa Ibu, dan Rapi. Sementara itu, operator shuttle yang berpartner dengan Traveloka contohnya BigBird, Joglosemar, Estu Trans, F-Trans, Xtrans, Cititrans, Daytrans Shuttle, dan Al Fath Duta. Kerja sama antara Traveloka dan partner bus serta shuttle ini tentu saja menguntungkan berbagai pihak, termasuk Anda. Ini adalah salah satu cara Traveloka memahami dan memenuhi kebutuhan transportasi Anda dengan moda transportasi bus dan shuttle. Berikut ini cara pesan travel dengan mudah melalui aplikasi Traveloka:

  1. Isilah detail perjalanan Anda mulai dari lokasi pemberangkatan, lokasi tujuan, tanggal perjalanan, dan jumlah tempat duduk di kotak pencarian yang tersedia di laman tersebut. Sistem akan mencarikan beberapa perjalanan yang paling sesuai dengan permintaan Anda.
  2. Pilihlah jadwal perjalanan yang paling cocok dengan yang Anda inginkan dari hasil pencarian. Anda dapat melihat operator bus/shuttle yang tersedia pada saat itu, jadwal perjalanan, dan harga tiket. Anda juga dapat memfilter pencarian Anda untuk menemukan operator bus/shuttle favorit atau rentang harga yang sesuai dengan budget Anda.
  3. Ketuk detail operator bus atau shuttle untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci. Informasi yang tersedia seperti fasilitas, rute, jadwal, harga, dan foto armada. Ketuk “Pilih” untuk memproses pemesanan.
  4. Isilah detail penumpang dan pastikan informasi yang Anda tulis sudah benar. Selain menulis rincian kontak penumpang, Anda juga dapat memilih tempat duduk (hanya berlaku pada bus atau shuttle jenis tertentu).
  5. Cek kembali rincian pemesanan Anda sekali lagi. Jika sudah benar-benar sesuai, lanjutkan dengan mengetuk “Pilih Cara Pembayaran”. Traveloka sudah bekerja sama dengan beberapa penyedia layanan pembayaran yaitu BCA, Mandiri, BNI, BRI, Visa, Mastercard, ALTO, ATM Bersama, Prima, Alfamart, Alfamidi, Indomaret, BCA KlikPay, CIMB Clients, Mandiri Debit, dan Mandiri ClickPay untuk memudahkan Anda menyelesaikan pembayaran pemesanan. Anda diberikan batas waktu untuk membayar sebelum pesanan secara otomatis terbatalkan.
  6. Dapatkan e-ticket Anda secara instan setelah pembayaran terkonfirmasi. Tiket akan dikirim melalui email atau SMS. Anda juga bisa melihat e-ticket Anda via Pemesanan Saya di homepage.
  7. Tunjukkan e-ticket Anda untuk naik bus yang telah Anda pesan. Anda bahkan tidak perlu mencetak tiket, melainkan bisa langsung menunjukkan tiket yang tersimpan di ponsel Anda baik itu sebagai email, SMS, atau di aplikasi Traveloka kepada staf bus. Kemudian, staf bus akan memberikan tiket kertas apabila operator bus yang bersangkutan mewajibkan setiap penumpang mempunyai tiket kertas.

Meskipun memesan tiket bus atau shuttle di Traveloka sangat mudah, Anda perlu mengetahui beberapa tips berikut agar perjalanan Anda semakin lancar:

  • Siapkan barang-barang yang perlu Anda bawa seperti kartu identitas, pakaian, ponsel, obat-obatan, minuman, camilan, dll.
  • Tulislah detail utama dari perjalanan Anda secara rinci seperti tujuan perjalanan, tempat pemberangkatan, tanggal perjalanan, jumlah penumpang, dan budget perjalanan.
  • Tetapkan deadline untuk membeli tiket bus/shuttle, misalnya paling lambat seminggu sebelum tanggal berangkat. Sebagai informasi, tiket bus/shuttle biasanya sudah dapat dipesan sejak 90 hari hingga dua hari sebelum keberangkatan. Jika Anda sudah siap, lebih baik Anda segera memesan tiket agar tidak kehabisan.
  • Lihatlah informasi lengkap terkait perjalanan Anda di situs atau aplikasi Traveloka. Kemudian, segera lakukan langkah-langkah pemesanan tiket bus/shuttle seperti di atas.
  • Simpan detail informasi dari e-ticket Anda seperti Kode Pemesanan, ID Pemesanan Traveloka, dan titik pemberangkatan dan kedatangan. Detail-detail ini penting untuk menghindari kebingungan sebelum dan setelah perjalanan.
  • Usahakan datang 60 menit sebelum jam keberangkatan untuk check in. Tiket Anda sudah dijamin Traveloka diterima oleh staf bus/travel.
  • Nikmati perjalanan Anda di dalam bus hingga Anda sampai di tujuan. Manfaatkan fasilitas di bus seperti tempat duduk yang dapat diatur, Wi-Fi, Toilet, AC, Televisi, agar perjalanan Anda semakin menyenangkan.

Manfaatkan kemudahan memesan tiket bus/shuttle melalui aplikasi Traveloka. Simak tips-tips seputar perjalanan lainnya di Nusantaran, Portal Berita Terlengkap Seputar Nusantaran dan Dunia.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here