Home Berita Pilihan Strategi Bisnis untuk Menjalankan Usaha

Strategi Bisnis untuk Menjalankan Usaha

SHARE

Strategi Bisnis

Jika kalian ingin sukses dengan bisnis yang kalian jalankan, kalian harus memahami apa itu strategi bisnis. Ini adalah rencana atau cara yang berupa konsep yang memang sengaja dibuat agar bisa mencapai tujuan jangka panjang dari sebuah perusahaan. Strategi ini menjadi kunci suatu bisnis agar bisa unggul dalam bersaing dengan para kompetitor. Saking pentingnya, banyak pebisnis yang meminta bantuan konsultan untuk merancang strategi bisnisnya.

4 Strategi Bisnis Paling Efektif

Meski strategi bisnis tak bisa menjamin 100% kesuksesan, tapi setidaknya strategi berikut akan sangat membantu kalian untuk menjadikan bisnismu sukses:

  1. Analisa Pesaing Bisnis

Setiap bisnis selalu ada pesaingnya. Persaingan ini memang tak bisa dihindari. Tugasmu adalah memenangi persaingan tersebut. Untuk itu, kalian harus menganalisa pesaing bisnismu. Dengan begitu, kalian bisa membuat rencana agar bisnismu lebih unggul dan diminati lebih banyak pelanggan.

  1. Strategi Pemasaran

Hal paling penting dari strategi bisnis adalah strategi pemasaran. Pemasaran bukanlah pekerjaan yang mudah. Agar tepat sasaran, kalian harus membuat perencanaan yang matang. Mulailah dengan pemilihan pangsa pasar, kemudian dilanjutkan dengan metode pemasaran serta promosi sesuai target pasar. Lalu, jangan lupakan tentang rencana anggaran untuk berbagai keperluan seperti penjualan, distribusi, dan biaya lainnya.

  1. Laporan Keuangan

Agar keuangan perusahaan menjadi sehat, maka kalian perlu membuat laporan keuangan yang rapi. Laporan ini memuat penjelasan mengenai arus kas keuangan, ekspektasi keuntungan, kebutuhan modal dan biaya-biaya yang meliputi biaya operasional, biaya tambahan & dana cadangan.

  1. Kualitas Produk atau Jasa

Apakah bisnismu bergerak di bidang penjualan atau jasa, kualitas tetap menjadi nomor satu. Untuk menjaga kualitas jasa atau produk yang ditawarkan, analisa resiko perlu dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam kaitannya dengan kepuasan pelanggan & perusahaan.

Optimalisasi SDM untuk Mendukung Strategi Bisnis

Strategi bisnis tidak akan berjalan dengan baik jika sumber daya manusia tidak berkualitas. Untuk itu, SDM perlu dioptimalkan untuk mendukung strategi bisnis di atas. Agar strategi bisnis bisa dilaksanakan dan tujuan bisnis bisa tercapai, SDM harus memenuhi beberapa persyaratan berikut ini:

  1. SDM harus memahami bahwa keputusan managemen merupakan keputusan bersama.
  2. SDM memahami perusahaan dengan baik termasuk Visi – Misi dan cara mewujudkannya.
  3. SDM memahami area kerja serta tuntutan kompetensi area kerja dengan baik.
  4. SDM dapat melakukan evaluasi terhadap kelebihan & kelemahan secara berkala baik indikator perorangan maupun teamwork.
  5. SDM harus bisa meningkatkan kemampuan & kompetensi diri berdasarkan tuntutan persaingan pasar dan perubahan tuntutan para pelanggan.
  6. SDM yang berkualitas menjadi media bisnis internal yang juga termasuk media promosi persuasif.

Akan tetapi, SDM tidak harus diperlakukan dengan dipilih-pilih di depan umum ataupun berdasarkan klasifikasi gradenya. Kalian cukup memilihnya pada level strategis. Pasalnya, unsur SDM yang unggul dan berkualitas paham betul bahwa sesama karyawan adalah pesaing yang kolaboratif. Jadi, mereka bisa berlomba-lomba memberikan kinerja terbaik untuk kemajuan perusahaan dengan persaingan yang sehat.

Strategi bisnis memegang peranan yang sangat penting dalam kesuksesan perusahaan. Ada berbagai strategi lain yang bisa dilakukan seperti diversifikasi bisnis, strategi menyerang, strategi pengembangan pasar dan strategi pengembangan produk. Sebaik apapun strategi yang dibuat, akan sia-sia jika tidak bisa dijalankan dengan baik dan benar. Untuk itu, pastikan strategi bisnis berjalan sesuai rencana.

Strategi bisnis diperlukan untuk membuat bisnis semakin maju dan berkembang. Berikut apa saja yang perlu kalian lakukan.