Home Gaya Hidup Pariwisata Ternyata Fasilitas Kereta Pasundan Sudah Lengkap!

Ternyata Fasilitas Kereta Pasundan Sudah Lengkap!

SHARE

pasundan

 

Bandung dan Surabaya adalah dua kota besar yang berjarak hampir 700 km. Dengan jarak sejauh itu, alternatif transportasi apa yang baik? Salah satunya adalah kereta api, terutama KA Pasundan yang melayani rute Bandung-Surabaya PP. Di sini saya akan berbagi pengalaman saya naik KA Pasundan dari Bandung ke Surabaya.

Mungkin ada orang yang masih berpendapat bahwa naik kereta tidak nyaman, berdesakan, dan fasilitasnya kurang memadai. Tetapi, tahukah Anda bahwa PT KAI sekarang sudah melakukan banyak perubahan atas kereta api Indonesia? Saya pun terkagum-kagum saat naik KA Pasundan ternyata fasilitasnya sudah lengkap. Memang waktu tempuhnya lebih lama dibanding naik pesawat, tetapi harganya lebih murah dan naik kereta pun sekarang sudah nyaman.

Kereta Api Pasundan

Sesuai dengan namanya, rute KA Pasundan diawali atau diakhiri dari Bandung. Ya, memang Pasundan adalah julukan untuk Provinsi Jawa Barat. Kereta ini khususnya melayani rute Stasiun Kiaracondong, Bandung – Stasiun Gubeng, Surabaya.

Kereta ini berangkat dari Stasiun Kiaracondong pukul 05.35 pagi, dan sampai di Surabaya kira-kira pukul 21.42 pada hari yang sama. Sedangkan keberangkatan dari Stasiun Surabaya Gubeng adalah pukul 08.10 pagi, berakhir di Stasiun Kiaracondong pukul 23.25. Jadi, waktu perjalanan kira-kira 15 jam.

Terdapat 24 stasiun yang dilalui KA Pasundan. Selain Stasiun Kiaracondong dan Gubeng, kereta ini berhenti di beberapa stasiun utama lainnya, diantaranya Stasiun Mojokerto, Stasiun Jombang, Stasiun Lempuyangan Yogyakarta, Stasiun Gombong, dan Stasiun Ciamis.

Harga Tiket KA Pasundan

KA Pasundan hanya menyediakan kelas Ekonomi dengan harga Rp 94.000 per penumpang. Murah ya? Tidak heran KA Pasundan menjadi alternatif yang diminati penumpang seperti saya yang hanya memiliki budget terbatas.

Tiket bisa lebih murah lagi kalau membeli secara online melalui aplikasi seperti Traveloka, Tokopedia, atau OVO. Selain praktis, beberapa aplikasi tersebut kadang-kadang mengadakan promo atau cashback sehingga harga tiket bisa semakin murah.

Kalau membeli tiket sendiri lewat aplikasi online, Anda juga bisa menentukan tempat duduk bersama keluarga dan teman-teman. Pasti tidak nyaman kan harus terpisah dari orang-orang dekat selama naik kereta berjam-jam?

Fasilitas KA Pasundan

Biarpun harga tiketnya murah, bukan berarti pelayanan KA Pasundan murahan. Fasilitas yang tersedia di kereta ini lengkap dan bermutu sehingga perjalanan Anda tetap menyenangkan. Berikut adalah beberapa fasilitas kereta api ini.

  • AC

Walaupun murah, semua gerbong KA Pasundan dilengkapi AC. Jadi Anda akan tetap merasa nyaman selama perjalanan. Saat saya naik kereta api ini, saya tidak merasa kepanasan walaupun keretanya cukup ramai.

  • Tempat Duduk

Tempat duduk di KA Pasundan berhadap-hadapan, dengan 2 orang di setiap baris. Formasi duduk ini bisa membuat suasana lebih akrab untuk berbagi cerita. Apalagi kalau bepergian dengan teman-teman atau keluarga untuk mudik atau berlibur. Perjalanan tidak akan terasa panjang karena asyik bercengkrama.

  • Stop Kontak

Di setiap baris tempat duduk disediakan stop kontak tempat mengisi catu daya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir gadget Anda mati kehabisan baterai di tengah perjalanan. Lumayan kan mengisi waktu luang di kereta dengan selfie dan update media sosial?

  • Kereta Makan

Di kereta ini terdapat kereta makan. Menurut saya, tempat inilah yang paling nyaman di KA Pasundan karena kursinya leluasa. Enak sekali menyelonjorkan kaki setelah berjam-jam duduk di gerbong penumpang. Tapi, untuk bisa duduk di sini, jangan lupa membeli makanan atau minuman terlebih dulu.

Selain itu, di gerbong penumpang juga ada petugas yang berkeliling untuk menawarkan makanan dan minuman. Namun, perlu diingat kalau harga barang-barang yang dijual di kereta lebih mahal.

  • Paket Buka Puasa

Mulai dari H-7 Lebaran, PT KAI menyediakan paket takjil dan makanan untuk penumpang. Paket gratis ini dibagikan beberapa saat sebelum maghrib. Walaupun sederhana, tapi pengalaman ini cukup membuat mudik saya bersama KA Pasundan lebih bermakna.

Bagaimana, KA Pasundan ternyata fasilitasnya sudah lengkap bukan? Jadi, jangan ragu untuk memilih kereta ini. Walaupun tiketnya murah, dijamin tidak murahan!