Home Peristiwa Pendidikan Menjaring Peluang Kerja Sebagai Staf Penerbangan

Menjaring Peluang Kerja Sebagai Staf Penerbangan

SHARE

asta academy

Industri penerbangan di Indonesia senantiasa mengalami perkembangan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Perkembangan yang terjadi tentu membutuhkan tenaga-tenaga baru yang memiliki skill dan pengetahuan yang mumpuni untuk bergabung. Oleh karenanya, peluang kerja sebagai staf penerbangan senantiasa terbuka.

Nah, jika Anda memiliki ketertarikan pada dunia penerbangan dan ingin memiliki karier di sana, maka Anda bisa memanfaatkan peluang kerja sebagai staf penerbangan tersebut. Perlu diketahui, staf penerbangan adalah karyawan yang memiliki tugas secara khusus menghandel penumpang mulai dari kedatangan hingga keberangkatan.

Meskipun secara umum staf penerbangan tidak diketahui secara luas sebagaimana pilot dan pramugari, namun posisi ini memiliki fungsi yang begitu penting. Selain itu, staf penerbangan juga merupakan profesi dengan tingkat pendapatan yang cukup tinggi.

Beberapa Bagian Profesi Staf Penerbangan

Staf penerbangan dibedakan menjadi beberapa bagian sesuai dengan tugas dan profesi yang akan dijalani. Tentu saja, nantinya Anda bisa memilih posisi-posisi tersebut sesuai dengan keinginan dan skill yang dimiliki.

Adapun beberapa bagian dari profesi staf penerbangan adalah sebagai berikut:

  • Ticketing officer

Sebagai ticketing officer, staf penerbangan memiliki tugas seperti menangani penjualan tiket, menghitung rencana rute biaya tiket, dan lainnya.

  • Check in counter

Di bagian check in counter, staf penerbangan memiliki tugas untuk mengecek validity tiket, menyobek kupon penerbangan, mencocokkan dokumen penumpang, dan lainnya.

  • Service passenger

Staf penerbangan yang memiliki posisi sebagai service passenger nantinya akan memberikan pendampingan pada penumpang yang mungkin membutuhkan pelayanan khusus selama persiapan penerbangan.

  • Boarding gate

Di bagian boarding gate, staf penerbangan memiliki tugas untuk memandu penumpang menuju ke pesawat yang sesuai tiket yang dimiliki, mengecek kondisi penumpang, memberikan informasi tentang boarding time dan lainnya

  • Transfer desk

Staf penerbangan yang ada di bagian transfer desk akan membantu penumpang saat melakukan transit dan bersiap untuk penerbangan selanjutnya

  • Lost and found

Lost and found adalah bagian profesi di mana staf penerbangan akan bertugas untuk mencocokkan nomor bagasi yang dibawa penumpang dan nomor bagasi barang

Memulai Karier Staf Penerbangan di ASTA Learning Center

Untuk bisa menjadi staf penerbangan di perusahaan atau maskapai terkenal di Indonesia, tentu saja Anda harus memiliki wawasan yang cukup luas tentang dunia penerbangan. Tidak hanya itu, Anda juga harus belajar mengenai pelaksanaan tugas seorang staf penerbangan. Oleh karenanya, bergabung dengan agency atau akademi penerbangan adalah hal yang penting.

Dengan bergabung bersama akademi penerbangan, nantinya Anda akan belajar mengenai seluk beluk dunia penerbangan hingga memiliki kompetensi yang dibutuhkan. Nah, untuk pilihan akademi penerbangan yang tepat, Anda bisa memilih ASTA Learning Center.

ASTA Learning Center didirikan guna menjawab tantangan untuk menghasilkan individu yang berkualitas dan memiliki kompetensi yang dibutuhkan perusahaan penerbangan. Tentu, setiap lulusan akan memiliki sertifikat sebagai bukti resmi kompetensi yang dimiliki.

Tidak hanya itu, ASTA Learning Center memiliki instruktur professional di bidang penerbangan yang sudah kaya pengalaman. Tentu, ASTA juga menggunakan kurikulum serta program pelatihan yang up to date dan disesuaikan dengan kebutuhan industri saat ini. Dengan demikian, setiap lulusan nantinya akan memiliki kompetensi yang se-zaman dengan kebutuhan.

Nah, jika Anda tertarik untuk menjadi staf penerbangan berkualitas, maka bergabung dengan ASTA Learning Center adalah pilihan yang tepat. Anda bisa menghubungi customer service di nomor 087 723 454 008 untuk informasi yang lebih lengkap terkait pendaftaran dan program.