Home Dunia Amerika Brasil dengan Senang Hati Menerima Pengungsi Suriah

Brasil dengan Senang Hati Menerima Pengungsi Suriah

SHARE
Dilma Rousseff (foto: Brockpress)
Dilma Rousseff (foto: Brockpress)

Brasilia – Presiden Brasil, Dilma Rousseff, mengatakan bahwa pemerintahannya menerima pengungsi Suriah yang melarikan diri karena negaranya dilanda perang dengan tangan terbuka.

Pada pesan video memperingati Hari Kemerdekaan Brasil, Rousseff menyatakan bahwa pemerintah bersedia menampung pengungsi yang ingin datang untuk hidup, bekerja, dan berkontribusi pada kesejahteraan dan perdamaian dunia.

“Terutama pada masa-masa sulit, masa krisis ini, kita harus menyambut para pengungsi dengan tangan terbuka,” tambah Rousseff, Senin (7/9) waktu setempat, dilansir Kompas dari AFP.

Suriah merupakan kelompok pengungsi terbesar di Brasil. Negara tersebut telah menampung lebih dari 2.000 pengungsi sejak tahun 2011.

Brasil merupakan negara Amerika Latin yang memberikan perlindungan kepada pengungsi paling banyak. Sebanyak 1.405 pengungsi Suriah diberikan perlindungan sepanjang tahun 2014.

Mulanya, Brasil ingin mempersingkat proses penerimaan pengungsi dua tahun lalu. Hal tersebut berdasarkan sebuah program yang awalnya ditetapkan akan berakhir bulan ini.

Namun, program tersebut dipertimbangkan untuk diperpanjang. Media lokal mengutip pernyataan itu dari Jaksa Agung Beto Vasconcelos.

Rousseff juga menyampaikan rasa prihatin terhadap foto Aylan Kurdi, balita yang meninggal terkapar di pantai Turki, yang beredar di dunia maya. Foto tersebut menurutnya menyentuh dunia dan memberikan sebuah tantangan besar untuk menyudahi peperangan.