Home Berita Pilihan Pesawat EgyptAir Jatuh, Diduga Serangan Teroris

Pesawat EgyptAir Jatuh, Diduga Serangan Teroris

SHARE
EgyptAir
EgyptAir

Kairo – Pesawat maskapai penerbangan EgyptAir dengan rute Paris-Kairo jatuh di Laut Mediterania, Kamis (19/5) pagi. Menteri Penerbangan Sipil Mesir, Sherif Fathi, mengatakan bahwa pihaknya masih menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat tersebut. Kesimpulan sementara, EgyptAir kemungkinan diserang teroris.

“Kemungkinan jatuh karena serangan teroris lebih besar dibanding kesalahan teknis,” ujar Fathi, seperti dilansir CBS, Kamis.

Kepala Keamanan Rusia, Alexander Bortnikov, mengemukakan hal senada. Kronologi jatuhnya pesawat EgyptAir ini mirip dengan kronologi pesawat yang diserang teroris.

Pesawat dengan nomor MS804 tersebut membawa 69 orang yang terdiri dari 59 penumpang  dan 10 awak pesawat. Dalam daftar penumpang, diketahui bahwa ada dua bayi dan seorang anak dalam pesawat tersebut. Mereka kebanyakan berkewarganegaraan Mesir yaitu sebanyak 30 orang, 15 orang berkewarganegaraan Prancis, dan lainnya dari Inggris, Aljazair, Belgia, dan daerah negara Teluk Persia.

Sebelum jatuh, satuan militer Mesir telah menerima sinyal darurat dari pesawat. Namun, sesaat setelah itu, komunikasi terputus dan tidak ada notifikasi panggilan tanda bahaya yang dilakukan pilot.

Konsultan penerbangan menduga ada sesuatu yang mencegah pilot berkomunikasi. Hal tersebut juga bisa membuat para pilot sibuk sehingga mereka tidak mengutamakan komunikasi radio.

Saat ini, otoritas Mesir sedang menyelidiki daftar penumpang dan mengecek latar belakang mereka. Pihak Mesir ingin mengetahui apakah ada penumpang yang terkait dengan kelompok ekstremis.