Home Berita Pilihan San Diego Hills Karawang Layani Pemakaman COVID-19

San Diego Hills Karawang Layani Pemakaman COVID-19

SHARE

Karawang (San Diego Hills Memorial Park) – Pandemi COVID-19 sudah berlangsung setahun lebih dan belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Virus yang rentan menyerang orang dengan mobilitas tinggi, imunitas rendah, atau memiliki komorbid ini telah menelan korban begitu banyak.

Semakin banyaknya korban meninggal berdampak pula pada lahan pemakaman khusus jenazah COVID-19 yang semakin sedikit. Padahal, jenazah Corona harus segera dikebumikan. Bagaimana jadinya jika pasien meninggal di malam hari sedangkan pemakaman harus segera dilakukan sesuai protokol kesehatan? Belum lagi harus mencari lahan pemakaman. Tentu kita tidak mau tempat peristirahatan terakhir orang yang kita kasihi tidak layak.

Solusinya, San Diego Hills (SDH) Memorial Park menyediakan jasa pemakaman COVID-19 lengkap dari penjemputan, penitipan, dan lahan khusus makam. Manajemen SDH Memorial Park telah bekerja sama dengan pemerintah untuk membantu penanganan jenazah Corona sebab telah banyak tempat pemakaman yang menolak menangani.

Panduan Pemakaman Jenazah COVID-19 di San Diego Hills Memorial Park

Keluarga korban perlu mengetahui, memahami, dan melaksanakan 13 langkah berikut agar jenazah COVID-19 bisa dimakamkan di San Diego Hills Memorial Park, yang berlokasi di Exit Tol Karawang Barat 2 KM 46, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat.

1.      Segera selesaikan administrasi di Rumah Sakit tempat korban meninggal

Keluarga korban perlu segera menyelesaikan semua administrasi di Rumah Sakit tempat korban dirawat dan meninggal. Jenazah tidak bisa diurus hingga ke tempat pemakaman jika administrasinya belum tuntas.

2.      Laksanakan protokol kesehatan dalam mengurus jenazah COVID-19

Syarat jenazah COVID-19 yang dikuburkan di San Diego Hills Memorial Park adalah peti jenazah harus dilapisi plastic wrap. Maka dari itu, sampaikan instruksi khusus ini kepada Rumah Sakit sehingga mereka bisa menandai peti jenazah dan melakukan prosedur khusus memandikan jenazah, memasukkan ke dalam peti, dan melapisi peti dengan plastic wrap.

3.      Beli lahan pemakaman di San Diego Hills Memorial Park

Tempat pemakaman SDH Memorial Park telah menyediakan lahan khusus untuk jenazah COVID-19. Keluarga korban harus memiliki kepemilikan atas lahan pemakaman jenazah Corona terlebih dahulu supaya prosedur pemakaman dapat dilakukan. Ini penting karena tidak semua lahan di San Diego Hills bisa digunakan untuk tempat peristirahatan jenazah korban COVID-19.

Lahan pemakaman khusus jenazah Corona dibagi lagi menurut agama dan kepercayaan yaitu Mansion Al Jamil untuk umat Muslim dan Mansion Emerald untuk umat Kristen, Katolik, Budha, dan lainnya. Informasi lebih jelas dan lengkap bisa dilihat di Harga Makam COVID-19 San Diego Hills berikut ini.

Secara garis besar, ada beberapa produk jasa dan lahan pemakaman COVID-19 yang bisa dipilih. Adapun biaya lahan terpisah dengan biaya pemakaman yaitu sebesar Rp27 juta. Jenazah COVID-19 tidak bisa dimakamkan di mansion selain yang sudah ditetapkan untuk pemakaman Corona.

Jika seandainya korban atau pihak keluarga sudah memiliki lahan pemakaman di San Diego Hills Memorial Park namun bukan untuk jenazah COVID-19, pihak keluarga harus membeli kembali lahan khusus jenazah Corona. Untuk meminimalkan risiko penularan, pihak keluarga diminta membeli lahan untuk dua orang sekaligus.

4.      Bayar lunas semua biaya

Pihak keluarga harus membayar lunas semua biaya dan jasa yang dibutuhkan untuk pemakaman Corona yaitu lahan pemakaman, biaya pemakaman, dan biaya tambahan bermalam jika perlu. Serahkan bukti pembayaran ke Sales Manager SDH Memorial Park untuk diteruskan ke pihak yang melakukan pelayanan pemakaman sesuai prosedur pemakaman jenazah COVID-19.

5.      Gunakan jasa penjemputan jenazah bila perlu

Anggota keluarga yang meninggal di malam hari dapat diurus oleh San Diego Hills Memorial Park melalui jasa penjemputan dengan menggunakan Mobil Jenazah (Mojena). Jasa ini selain menjemput juga melayani penitipan jenazah COVID-19. Adapun tarif yang dikenakan bervariasi tergantung lokasi penjemputan. Untuk penjemputan, servis, inap Mojena, dan penitipan jenazah COVID-19 area Jakarta, total biaya mulai Rp5,8 juta.

6.      Titipkan jenazah di San Diego Hills bila almarhum meninggal dunia di sore atau malam hari

Pihak SDH Memorial Park tidak bisa melakukan prosesi pemakaman pada menjelang malam atau di malam hari. Padahal, jenazah COVID-19 memerlukan penanganan khusus. Solusinya, jenazah beserta Mojena/ambulans diinapkan dulu di San Diego Hills. Kemudian, keesokan harinya, prosesi pemakaman sesuai protokol kesehatan cegah Corona baru dilakukan. Pihak manajemen telah menyediakan tempat khusus penitipan jenazah Corona di Assembly Hall. Lokasi ini aman dan nyaman bahkan bisa dikunjungi keluarga keesokan harinya.

7.      Langsung makamkan jenazah suspect Corona keesokan harinya

Sesi pemakaman di San Diego Hills Memorial Park yang paling pagi bisa dilaksanakan mulai pukul 08.00. Maka, korban yang meninggal sore atau malam hari bisa dimakamkan keesokan harinya.

8.      Sampaikan pada pihak Rumah Sakit jika jenazah akan dimakamkan di San Diego Hills

Usai prosedur pembersihan jenazah dan pembungkusan jenazah serta peti dengan plastic wrap selesai, segera sampaikan kepada pihak Rumah Sakit bahwa jenazah akan dimakamkan di San Diego dan tidak mampir ke rumah duka. Pihak San Diego Hills akan terus berkomunikasi dengan pihak keluarga dalam perjalanan ke makam untuk menghindari miss komunikasi dalam penyambutan Mojena. Petugas akan menunggu kedatangan Mojena di Pintu Gerbang dan sigap membantu mengiringi menuju lokasi pemakaman.

9.      Patuhi protokol kesehatan

Family Service Counselor (FSH) akan menjemput rombongan keluarga jenazah di gerbang SDH Memorial Park. Semua anggota keluarga harus mengkuti scanning temperatur tubuh dan dibatasi hanya 10 orang.

10. Ikuti proses pemakaman khusus COVID-19

Tim yang memakamkan jenazah COVID-19 menggunakan baju dan perlengkapan khusus. Peti akan langsung diturunkan ke dasar makam sesampainya di lubang makam. Pihak keluarga diberi waktu 5 menit untuk berdoa dan menebar tanah/menabur bunga ke peti makam. Setelah itu, makam akan ditutup dengan slab beton dan diurug tanah makam. Untuk prosesi pemakaman Muslim, makam tidak ditutup slab beton. Prosesi dilanjutkan dengan peletakan batu nisan dan tabur bunga terakhir kali. Setelah itu, pemakaman dinyatakan selesai dan pihak keluarga boleh mendekati makam kembali.

11. Mengambil kotak makam, es krim, dan gift

Biaya makam COVID-19 di SDH Memorial Park sudah termasuk box makan siang, es krim, dan gift berupa payung. Pihak keluarga bisa mengambil servis ini di tenda pemakaman.

12. Serahkan dokumen pada petugas San Diego Hills Memorial Park

Pihak keluarga perlu menyerahkan lembar dokumen asli dari Rumah Sakit yang sebelumnya dikirim foto dari WhatsApp atau email kepada Tim FSC yang ditunjuk selambat-lambatnya 14 hari setelah pemakaman.

13. Pilih batu nisan (tersedia pilihan khusus COVID-19)

Pihak keluarga akan dipandu oleh petugas SDH Memorial Park untuk menjelaskan secara detail tentang batu nisan. Keluarga akan diarahkan ke ruangan galeri contoh-contoh batu nisan. Khusus untuk lokasi pemakaman jenazah Corona San Diego Hills, keluarga bisa memilih batu nisan berdiri miring 45 derajat. Ini berbeda dengan batu nisan di makam tipe single burial yang semuanya harus dalam posisi tidur.

Demikianlah 13 langkah pemakaman COVID-19 di San Diego Hills Memorial Park. Semoga bermanfaat. Tetap jaga dan terapkan protokol kesehatan cegah Corona.

SHARE
Previous article7 Fakta Unik San Diego Hills